> Mas Sohel - Official site badrus: Cara jualan online di facebook untuk pemula

Wednesday 25 May 2016

Cara jualan online di facebook untuk pemula


Beberapa tahun ini di indonesia, facebook berkembang dengan pesat. Sekarang ini banyak Internet marketing di indonesia menggunakan facebook untuk menjual produknya dikarenakan di tahun 2016 ini ada 64 juta penduduk indonesia menggunakan facebook. Bahkan sekarang banyak dijumpai anak berpendidikan SD sudah memiliki akun Facebook.

Baca juga : Cara membuat akun facebook

Berbicara tentang Facebook Merketing, kita selalu berfikir tentang iklan terus. Padahal sebelum iklan ada hal yang harus dipersiapkan dulu. Untuk itu beriukut strategi sebelum mengiklankan produk di facebook:


Pertama, Cari 5 fanspage / akun milik brand saingan yang anda tekuni di Facebook




Beberapa orang baru membuat facebook biasanya mereka tidak tahu apapun tentang Facebook, apa yang orang lain sukai, apa yang membuat mereka mau membeli produk kita, apakah cara ini cepat menghasilkan pengunjung. Belum memperkenalkan diri sudah buat banyak post produknya... sedikit-dikit sudah pasang iklan. Jika Anda sendiri tidak tahu apa-apa maka yang terjadi adalah layanan periklan milik facebook jadi tidak efektif. Oleh karena itu, cara efektifnya adalah dengan melihat dan meniru di dalam bidang industri yang anda lakukan.


Cari sebanyak-banyak nya yang menurut Anda paling mirip dengan bisnis Anda. Jangan melihat dari Follower yang sedikit maupun banyak tapi belum banyak like & komentarnya 


Pelajari dan simpulkan tips berikut:


  • Seperti apa post yang banyak mendapat like
  • Seberapa sering mereka menerbitkan post baru
  • Jam berapa post yang mendapatkan banyak like
  • Lihat kelengkapan profilnya (foto, sampul, foto profil, dll)

Tujuannya adalah jika Anda ingin membuat iklan maka Anda bisa menargetkan orang-orang yang me-like page saingan Anda ini. Jadi iklan juga lebih murah dan yang paling penting tepat sasaran.


Kedua, buat Fanspage yang Unik





Di dalam Facebook, Fanspage itu layaknya toko Anda. Kalau tokonya jelek, apakah pengunjung akan datang? Apakah pengunjung merasa nyaman di toko kita? selain itu bakal aneh dilihat orang kalau tidak sesuai, kalau gak percaya lihat di fanspage saingan Anda lalu bandingkan


Untuk membuat fanspage Anda menarik berikut beberapa tips 

  • Gunakan Nama brand Anda.
  • Jangan gunakan jenis produk/layanan sebagai nama (misalnya: Kontraktor rumah)
  • Lengkapu profil anda mulai dari URL, deskripsi, foto, cover,dll
  • Jelaskan Bisnis Anda denga singkat & menarik, hilangkan kata yang bertele-tele

Ketika baru membuat fanspage, Anda akan langsung diminta memasang iklan. Jangan, belum saatnya 


Meskipun begitu, Anda bisa memasukkan data audiens Anda sekarang.


Ketiga, mencari target calon pengunjung Anda.





Dalam bidang pemasaran, tentu kita sudah paham bahwa menargetkan kelompok audiens jauh lebih efektif daripada yang terlalu umum. 


Tetapi apakah sulit membuat strategi yang ampuh untuk semua kalangan?dan juga Apakah sulit membuat mereka tertarik membeli produk kita? Tentu saja sulit jika Anda belum mengerti ilmunya, kesalahan yang paling fatal adakah biasanya menggunakan bahasa yang tidak pantas buat target audiens mereka sendiri. 


Contohnya, sebuah bisnis, target pasarnya adalah orang berusia 35+, tapi pada saat mereka membuat post tentang produk mereka adalah mengarah ke anak muda untuk membeli produk mereka, dengan cara menggunakan bahasa gaul, membuat gambar lucu, apakah cara itu pantas dan menarik bagi target audiens sendiri. 


Untungnya, Facebook kita bisa dengan mudah mengenali siapa audiens yang kita incar. Caranya lagi-lagi dengan memanfaatkan brand saingan.


Keempat, Optimasi Website untuk Facebook




Kalau Anda sudah mengenal Facebook Marketing, mestinya Anda saat ini sudah punya website sendiri atau sudah tau apa itu website (kelum belum, segera buat) kenapa harus buat? Melakukan pemasara secara online akan terasa hampa tanpa website. Anda pasti pernah melihat orang yang membagikan link website di facebook. Seperti ini:


Gambar buram, tidak berhubungan, atau yang muncul bukan gambar utamanya. Lalu judulnya beda dengan aslinya, deskripsi juga tidak jelas. Itu adalah contoh akibat dari website kita share di facebook, semuanya sesuai keinginan, gambar nya tepat, resolusi bagus, dan judul dan deskripsi menarik. 


Hal tersebut sangat berpengaruh karena itu membuat website kita semakin banyak dikunjungi.


Untuk itu, ada beberapa "meta tag" yang harus Anda pasang di html website Anda, tepatnya di bagian bawah kode <head>











Anda pasti bingung, Ini maksudnya apa? Tidak apa-apa jangan khawatir, kalau Anda pengguna wordpress untuk membuat website anda, tinggal instal plugin bernama Yoast SEO dan plugin ini dapat kita atur meta tag yang disebutkan tadi dengan lebih mudah.


Tetapi, kalau Anda bukan pengguna Wordpress dan tidak mengerti HTML sama sekali, cara termudah yaitu kirimkan artikel ini ke devoluper website Anda.


Setelah itu, tes di Open Graph Debugger ini


Kelima, Belajar membuat post yang baik untuk pembeli di facebook


Di Facebook, kita tidak bisa membuat post yang terlalu banyak dalam sehari. Karena, post lebih dari 2x sehari akan mendapatkan lebih sedikit like dan setap post harus berkualitas, sulit untuk membuat banyak post berkualitas dalam sehari. Jadi setiap post harus Anda pikirkan matang-matang.



Berikut tips nya:


Tips untuk masing-masing jenis post (teks, gambar, video, link)


Pertama, post berjenis teks sebaiknya tidak hanya teks melainkan dibarengi gambar, video, atau link. Orang cenderung melewatkan post berupa teks karena tidak menarik.


Selain itu, sulit meyampaikan pesan dengan teks karena Facebook akan memtong teks yang terlalu panjang "Lihat selengkapnya"


Kedua, post berupa video sebaiknya video yang anda uploud adalah dengan menggunkan facebook jangan menggunakan video di Youtube lalu taruh link di facebook. Kenapa? karena uploud di facebook lebih banyak mendapatkan like, koment, serta share. Anda bisa bandingkan dengan menguploud video Anda di facebook atau dengan mengoploud video di youtube. 



Ketiga post berupa gambar 

Ukuran gambar yang Anda gunakan sebaiknya mendekati persegi, atau berupa persegi, minimal dengan ukuran 472 x 394 px. Lebih juga tidak masalah. Berikut contohnya:






Gambar denga ukuran yang lebih besar akan diperkecil otomatis tanpa memotong bagiannya.

Terus kapan waktu terbaik untuk posting di Facebook?

Apakah mereka orang yang aktif di facebook sepanjang hari atau malam hari? Apakah mereka aktif saat hari kerja atau akhir minggu? tu semua tergantung siap audiens Anda entah itu pelajar/mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga 

Keenam, Ikuti grup yang mengarah dalam industri Anda 

Jika kamu memposting produk Anda di fanspage, anda melihat bahwa tidak ada orang yang membaca, tidak ada yang memberi like, tidak ada yang men-share

Dalam tahap ini, ada 2 yang biasanya dilakukan oleh pemula yaitu:
  • Menyerah 
  • Ngotot, posting konten tiap hari, hingga menunggu keajaiban ada yang membeli di suatu saat
Itu adalah kesalahan dalam social media marketing, jika Anda hanya menerbitkan konten tanpa melakukan strategi lain maka tidak akan berkembang sama sekali meski konten Anda bagus.




Untuk bisa membuat orang lain mengenal kita, maka kita harus masuk ke tempat yang banyak orangnya

yaitu grup yang memiliki ciri yang bagus :
  • Grup denga anggota yang banyak 
  • Sering ada tanya jawab
  • Setiap post banyak like / komentarnya
  • Tidak ada post yang tidak berhubungan.
Karena beberapa grup sifatnya "closed" , jadi Anda harus gabung dulu ke banyak grup. Lalu kalau ternyata jelek, langsung keluar. 

Jika sudah menemukan grup dengan ciri seperti diatas jangan melakukan promosi dulu. Karena di grup facebook sekarang isinya sebagian besar spam. Terutama grup-grup yang sudah tidak dipelihara oleh pemiliknya. Tetapi grup yang bagus itu pemilinya ketat. 

Misal, kalau ada yang promosi, lagsung dikeluarkan dari grup, maka Anda tidak akan bisa bergabung lagi ke grup itu. Jadi jangan langsung melakukan promosi 

Terus ngapain ?

Yang harus Anda lakukan adalah berinteraksi dan berbagi informasi, panduan dan bacaan lain yang bermanfaat bagi anggota grup. Selama 1-5 hari pertama tanpa link satupun.

Jika sudah beberapa hari baru buat lah posting 

Demikian Artikel berjudul Cara berjualan online di Facebook semoga bermanfaat dan tambah semangat 

No comments:

Post a Comment