Tuesday 3 May 2016

Panduan Cara Menjadi Reseller Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula Lengkap










 Cara menjadi Reseller adalah salah satu jenis usaha modal kecil yang bisa dilakukan oleh semua orang, Bagi Anda yang tak memiliki modal untuk usaha, maka dengan menjadi reseller adalah cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda. Namun bagi mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara kerja reseller, tentu akan banyak pertanyaan terkait dengan hal ini, Bagaimana cara menjadi reseller tanpa modal? Lalu, apa yang harus saya persiapkan untuk menjadi reseller online?

Seorang reseller hanya memerlukan foto produk saja, sedangkan untuk yang lainnya seperti stock barang, packing, dan pengiriman, semua dilakukan oleh distributor atau supliernya. Menjadi sebuah reseller tidak semudah apa yang terlihat, karena persaingan sesama reseller semakin ketat.



Sebagai salah satu jenis bisnis online ,reseller merupakan jenis usaha yang paling mudah dan cepat untuk ditekuni oleh siapa saja.Ada banyak sekali jenis produk reseller yang ditawarkan seperti produk eletronik, fashion, obatherbal, dan sebagainya. Namun demikian, untuk para pemula akan sangat kesulitan jika akan menekuni jenis bisnis reseller tanpa pengetahuan dan persiapan memadai. setelah berkeliling mencari informasi seputar cara menjadi reseller tanpa perlu modal besar maka saya menemukan sebuah artikel menarik seputar tips menjalankan bisnis sampingan tersebut.



Ketika anda bergabung dengan sistem reseller yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Karena anda pemula maka pertama yang harus dipelajari adalah kenali produk itu.
  2. Bandingkan dengan produk-produk lain yang serupa.
  3. Sudah berapa banyak iklan yang dilakukan oleh perusahaan atau reseller lainnya.
  4. Kata kunci yang sudah bertebaran di Google atau dimesin pencari.
  5. Berapa persen komisi yang anda dapatkan.
  6. Fasilitas apa yang diberikan pada anda jika bergabung.
  7. Untuk mengenali itu produk rame / baru / terkenal anda bisa mengecek pagerank (PR) atau Alexarank.
  8. Analisa dengan Google berapa orang yang mencari, dengan kata kunci produk itu.
  9. Perhatikan sistem layanan  yang diberikan, berapa jam online supportnya, dan amati bagaimana respon pasar terhadap produk tersebut.
Problem yang sering timbul jika anda reseller pemula
  • Kalah bersaing, kalahstart, kalahstrategi, kalah pengalaman dengan pemilik produk atau reseller yang lebih dulu.
  • Tidak paham terhap produk knoledge, pengetahuan tentang produk tersebut.
  • Tidak paham tentang internet marketing.
  • Tidak paham tentang teknik SEO, mendatangkan trafik.
  • Kurang tahu apakah produk itu dicari pasar, banyak pesaingnya, atau sudah jenuh.
  • Tidak bisa membuat blog / website bisnis.
  • Tidak mengetahui cara beriklan yang benar, pemilihan kata-kata,lokasi iklan
Solusi agar anda bisa menang dalam persaingan jika masih pemula.








                                                                                                                  
  1. Buat website sendiri (bukanreplikator) yang mengulas sisi yang belum ada,jangan lupa upayakan yang lebih informatif.
  2. Jika pesaing hanya online jam 09:00 s/d jam 17:00, coba anda buat online mulai jam 07:00 s/d jam 22:00 atau bila anda nekat 24jam. intinya berikan layanan lebih yang tidak dilakukan oleh pemilik atau reseller pesaing.
  3. Carilah kata kunci yang belum dioptimasi. contoh jika perusahaan menjual tracking, anda bisa cari di google keyword tool kata sepadan yang belum teroptimasi misal : pelacak mobil, keamanan motor, sistem anti maling dll.
  4. Tambahkan informasi pendukung, seperti jika anda menjadi reseller billing warnet, disana tidak ada perhitungan biaya untuk membuat warnet, download software gratis, antivirus, tools PC dll.
  5. Lakukan iklan di berbagai tempat (iklanbaris, forum, socialnetwork, pay per click PPC dll ) yang belum dilakukan oleh pemilik pesaing.
  6. Lakukan kegiatan yang proaktif misal support online, customer support online, di website anda cantumkan hampir semua provider telpon simpati, XL, Im3, Flexi, dll.
  7. Lakukan inovasi, koreksi, belajar terus menerus sampai minimal 1 tahun.
  8. Jangan lupa semangat harus tetap terjaga, rasa optimis harus terus dipupuk, dan keyakinan bahwa sukses adalah hak tiap orang yang sungguh-sungguh mencari dan ingin mencapainya.

Strategi pemasaran yang dapat Anda coba

           
Hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh reseller online adalah fokus untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja, Anda dapat memaksimalkannya melalui media sosial, Email marketing, ataupun beriklan di Pay-Per-Click (PPC). Berikut adalah penjelasan untuk masing-masingnya.

1.) Manfaatkan Media Sosial untuk Strategi Pemasaran


Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa media sosial tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Bahkan, kini informasi bisa lebih efektif jika disebarkan melalui jejaring sosial dibandingkan denga media elektronik atau cetak. Jika Anda bertanya cara untuk menjadi reseller, maka tidak ada strategi pemasaran yang efektif selain media sosia. Untuk itu, putuskan terlebih dulu kalangan mana yang akan dijadikan target. Anda juga harus fokus terhadap pemilihan media yang tepat. Sebagai rekomendasi, gunakan media sosial yang memiliki banyak pengguna seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Setelah itu, tentukan konten yang banyak menarik dan kreatif sebagai kunci sukses pemasaran melalui media sosial. Tidak hanya terpaku pada texxt, variasikan juga dengan konten-konten video, infografik, gambar, atau hal-hal lainnya yang dapat menarik customer

2,) Gunakan Email Marketing


Mungkin bagi Anda yang termasuk pemula menjadi reseller online. Email marketing masih terdengar baru di telinga Anda. Cara kerja email marketing yakni dengan memanfaatkan email list untuk pemasaran. Singkatnya email marketing dipercaya lebih efektif karena pemasaran dengan cara ini dapat langsung masuk ke inbox email si calon customer. Selain mengirimkan email penawaran produk, melalui email marketing. Anda juga dapat menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email newsletter. Perlu Anda pahami, subscriber ini hanya dapat terjadi jika calon pembeli mendaftarkan dirinya dan mengisi form subscriber pada website atau toko online Anda. Itulah mengapa And harus menawarkan hal yang yang menarik dan bermanfaat bagi calon customer agar mereka tertarik mendaftar sebagai subscriber.

3.) Menjadi Publisher Ataupun Advertiser iklan di PPC



  
Beriklan di PPC merupakan cara yang tepat dalam memasarkan suatu produk. Karena, Anda hanya membayar iklan jika iklan Anda di Klik. Misalnya ketika Anda menjadi publisher, itu berarti website Anda dijadikan media bagi si pemasang iklan (advertiser). Dan Anda akan dibayar oleh advertiser jika ada yang meng-klik setiap iklan tersebut. Sebaliknya, jika Anda adalah advertiser, maka Anda hanya perlu membayar pemasangan iklan ke publisher, jika iklan tersebut di klik.

Demikian Artikel berjudul Cara menjadi Reseller semoga bermanfaat dan selamat mencoba

No comments:

Post a Comment